Beberapa Tanda Menstruasi Yang Normal, Apakah Yang Kamu Alami Itu Normal

Selamat datang di situs  resmi "Kesehatan asn17" situs ini menyagkut tentang Semua kesehatan pengobatan dam maupun cara menanggulanginya. 


Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.


Beberapa Tanda Menstruasi Yang Normal


Apakah Haid/Menstruasiku Normal ??
Berapa Lama sih Haid itu berlangsung ??
Apakah Telat Haidku itu termasuk penyakit bukan sih ?

Mungkin itu pertanyaan-pertanyaan yang sering terjadi yang di lontarkan wanita yang masih belum mengerti tentang haid/menstruasinya sendiri.



  1. Haid Berlangsung 2-7 Hari
     Seorang wanita rata-rata mengalmi haid/menstruasi sebanyak 500 kali sepanjang hidupnya, karena setiap kondisi wanita sangatlah berbeda-beda, Umumnya periode Haid/menstruasi itu sekitar 2-7 hari, Jadi Apabila anda Haid/menstruasi dalam jangka 2-7 hari itu masih dianggap tahap Normal.
  2. Nyeri Haid/Menstruasi
     Wajar kalo kalian mengalami nyeri atau keram perut ketika sedang haid/menstruasi, hal ini disebabkan karena terjadi kontraksi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

  3. Gumpalan Darah haid/menstruasi
      Terdapat gumpalan darah ketika saat haid/menstruasi kalau tidak menimbulkan rasa sakit dan jumlah gumpala darahnya tidak terlalu banyak, hal ini masih dianggap normal, apakah kalian tau apasih penyebab terjadinya gumpalan darah ?? terjadinya gumpalan darah saat haid memanglah bermacam-macam, Salahsatunya karena  jumlah darah yang dikeluarkan saat mengalami haid sangatlah banyak, Sehingga zat inti (koagulan) tak punya cukup punya banyak waktu untuk bekerja, Akibatnya terjadilah gumpalan darah yang ikut terbawa keluar bersama darah haid yang encer.
  4. Siklus Haid 21-35 hari
      Tak usah panik jika haidmu bulan ini telat atau malah lebih cepat beberapa hari dari tanggal biasanya. Siklus haid wanita bisa bervariasi mulai dari 21 hari hingga 35 hari. Jadi kalau siklus haidmu masih di seputaran periode itu, semua masih bisa dibilang wajar.

Mungkin Itu sekilas info yang dapat saya sampaikan tentang masalah luka-liku penyakit haid ini, apabila anda masih ragu dengan siklus masalah pada haidmu sebaiknya anda segera menghubungi dokter.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa Tanda Menstruasi Yang Normal, Apakah Yang Kamu Alami Itu Normal"

Post a Comment